KURIKULUM

  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya dan penilaian yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum se harus nya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pe ndukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan kel el uas a an kepada mahasiswa memperluas wawasan serta memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya yang dilengkapi deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran maupun evaluasi.
  • Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills serta keterampilan kepribadian termasuk perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi maupun kondisi .

Kompetensi

Uraian ringkas kompetensi lulusan (kompetensi utama , kompetensi pendukung, kompetensi lainnya).

Agar visi dapat terwujud, terselenggaranya misi dan tujuan tercapai, maka kurikulum pendidikan dirancang sebagai sebuah rencana pembelajaran terstruktur dengan kompetensi sebagai berikut :

Kompetensi Prodi :
v Kompetensi Utama : Mampu mengidentifikasi masalah Ergonomi dengan metode SHIP Approach
  Mampu menganalisis masalah Ergonomi dengan metode SHIP Approach
  Mampu menyelesaikan masalah Ergonomi dengan metode SHIP Approach
  Mampu menyusun laporan dari berbagai masalah Ergonomi
  Mampu mendesain tempat kerja yang ergonomis
  Mampu memberikan solusi perbaikan terhadap masalah ergonomi
  Mampu melakukan riset / menulis karya ilmiah/ publikasi karya ilmiah
v Kompetensi Pendukung : Mampu berpikir secara sistemik dengan mempertimbangkan semua faktor yang berada dalam satu sistem
  Mampu berpikir secara Holistik, Komperhensif dan menyeluruh
  Mampu berpikir secara Interdisipliner dengan melibatkan semua disiplin ilmu terkait dalam pemecahan suatu masalah
  Mampu berpikir secara partisipatori dengan melibatkan semua orang yang terlibat sejak awal
  Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan ( longlife learner )
  Mampu menyampaikan pendapat secara jelas baik secara lisan maupun tullisan
  Menghayati dan mengamalkan tujuan hidup untuk kesejahteraan bersama yang berlandaskan pada nilai nilai kehidupan
v Kompetensi Lainnya : Mampu berbahasa Indonesia dan Inggris dengan baik dan benar;
  Berkemampuan mengendalikan diri , memiliki integritas dan disiplin tinggi;
  Beriman, berakhlak mulia dan cinta tanah air
  Memahami Estetika, etika social dan akademik
  Adaptif dan cepat tanggap /peduli terhadap lingkungan;
  Mampu membangun jejaring dan kerjasama di berbagai bidang

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER ERGONOMI

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA

SEMESTER I  

No

Mata Kuliah

SKS

1

Filsafat Ilmu

2

2

Penulisan Karya Ilmiah & Etika Penelitian

2

3

Fisiologi Dasar

2

4

Statistik

2

5

Metodologi Penelitian

2

6

Manajemen Ergonomi 1

2

7

Pengantar Ergonomi

2

 

Jumlah:  

14

SEMESTER II  

No

Mata Kuliah

SKS

1

Fisiologi Kerja

2

2

Manajemen Ergonomi 2

2

3

Mata Kuliah Pilihan

12

 

Jumlah:  

16

SEMESTER III  

No

Mata Kuliah

SKS

1

Ujian Proposal

3

 

Jumlah:  

3

SEMESTER IV  

No

Mata Kuliah

SKS

1

Seminar Hasil Penelitian

2

2

Tesis

6

 

Jumlah:  

8

No Mata Kuliah Pilihan No Mata Kuliah Pilihan
1 Ergonomi Kesehatan 8 Metodologi Ergonomi
Ergonomi Olahraga 9 Ergonomi Pendidikan
3 Ergonomi Industri 10 Ergonomi Pariwisata
4 Ergonomi Kognitif 11 Ergonomi Rumah 

Tangga

5 Ergonomi Desain 12 Ergonomi Pertanian
6 Interaksi Manusia dan Mesin/Komputer 13 Ergonomi Transportasi
7 Ergonomi Perkantoran dan Konstruksi